KATA KERJA OPERASIONAL
Kata Kerja Operasional (KKO) SIKAP
Menerima
|
Menanggapi
|
Menilai
|
Menghayati
|
Mengamalkan
|
Menerima (Receiving)
|
Merespon (Responding)
|
Menghargai (Valuing)
|
Mengorganisasi
(Organization)
|
Karakterisasi (Characterization)
|
|
|
|
|
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
Mendengar
Menanyakan, Menahan diri/
Mengendalikan diri, Mengidentifikasi,
Memperhatikan, Menjawab
|
Mentaati,
Memenuhi,
Mendiskusikan, Melakukan,
Menyajikan, Mempresentasikan,
Menceritakan, Menulis,
Menginterpretasikan, Menyelesaikan,
Mempraktikkan
|
Menunjukkan, Mendemonstrasikan, Memilih,
Membedakan, Mengikuti,
Meminta,
Memenuhi, Menjelaskan, Membentuk,
Berinisiatif, Melaksanakan,
Menjustifikasi, Melaporkan,
Menginterpretasikan, Membenarkan,
Menolak,
Menyatakan pendapat / Mempertahankan
pendapat
|
Mentaati,
Mematuhi, Merancang, Mengatur,
Mengidentifikasikan,
Mengorganisir, Merumuskan, Menyamakan,
Menghubungkan,
Mengintegrasikan, Menjelaskan, Mengaitkan,
Menggabungkan, Memperbaiki, Menyepakati,
Menyusun, Menyempurnakan, Menyatukan pendapat, Menyesuaikan, Melengkapi,
Membandingkan, Memodifikasi
|
Membiasakan
Melakukan, Melaksanakan,
Memperlihatkan, Membedakan, Memisahkan,
Memodifikasi,
Mempraktikkan, Mengusulkan, Merevisi,
Memperbaiki, Membatasi, Mempertanyakan,
Mempersoalkan, Menyatakan, Bertindak,
Mempertimbangkan
|
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Penerimaan
|
Kemampuan untuk menunjukkan atensi dan penghargaan terhadap orang lain
Contoh: mendengar pendapat orang lain, mengingat nama seseorang
|
menanyakan, mengikuti, memberi, menahan / mengendalikan diri,
mengidentifikasi, memperhatikan, menjawab
|
2.
|
Responsif
|
Kemampuan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan selalu termotivasi
untuk segera bereaksi dan mengambil tindakan atas suatu kejadian.
Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas
|
Menjawab, membantu, mentaati, memenuhi, menyetujui, mendiskusikan,
melakukan, memilih, menyajikan, mempresentasikan, melaporkan, menceritakan,
menulis, menginterpretasikan, menyelesaikan, mempraktekkan.
|
3.
|
Nilai yang dianut (Nilai diri)
|
Kemampuan menunjukkan nilai yang dianut untuk membedakan mana yang baik
dan kurang baik terhadap suatu kejadian/obyek, dan nilai tersebut
diekspresikan dalam perilaku.
Contoh: Mengusulkan kegiatan Corporate Social Responsibility sesuai
dengan nilai yang berlaku dan komitmen perusahaan.
|
Menunjukkan, mendemonstrasikan, memilih, membedakan, mengikuti, meminta,
memenuhi, menjelaskan, membentuk, berinisiatif, melaksanakan, memprakarsai,
menjustifikasi, mengusulkan, melaporkan, menginterpretasikan, membenarkan,
menolak, menyatakan / mempertahankan pendapat
|
4
|
Organisasi
|
Kemampuan membentuk sistem nilai dan budaya organisasi dengan
mengharmonisasikan perbedaan nilai.
Contoh: Menyepakati dan mentaati etika profesi, mengakui perlunya
keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab
|
Mentaati, mematuhi, merancang, mengatur, mengidentifikasikan,
mengkombinasikan, mengorganisir, merumuskan, menyamakan, mempertahankan,
menghubungkan, mengintegrasikan, menjelaskan, mengaitkan, menggabungkan,
memperbaiki, menyepakati, menyusun, menyempurnakan, menyatukan pendapat,
menyesuaikan, melengkapi, membandingkan, memodifikasi
|
5.
|
Karakterisasi
|
Kemampuan mengendalikan perilaku berdasarkan nilai yang dianut dan
memperbaiki hubungan intrapersonal, interpersonal dan sosial.
Contoh: Menunjukkan rasa percaya diri ketika bekerja sendiri, kooperatif
dalam aktivitas kelompok
|
Melakukan, melaksanakan, memperlihatkan, membedakan, memisahkan, menunjukkan,
mempengaruhi, mendengarkan, memodifikasi, mempraktekkan, mengusulkan,
merevisi, memperbaiki, membatasi, mempertanyakan, mempersoalkan, menyatakan,
bertindak, Membuktikan, mempertimbangkan
|
Kata Kerja Operasional (KKO) PENGETAHUAN
C
1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Mengingat (remember)
|
Memahami (Understad)
|
Mengaplikasikan (Apply)
|
Menganalisis (Analyze)
|
Mengevaluasi (Evaluate)
|
Mencipta (Create)
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Penilaian
|
Sintesis
|
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
|
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
|
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Mentabulasi
|
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
|
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
|
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
|
Memberi kode
Mengenali
Menempatkan
Menerbitkan
|
Meng-inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengelompokkan
Menggeneralisasi
Menggolongkan
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasi
Mengklasifikasi
Menterjemahkan
|
Melakukan
Mengimplementasikan
Menjalankan
Mempraktikan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
|
Memadukan
Membedakan
Mengstruktur
Memfokuskan
Menata
Menetapkan sifat/ciri
Mengatribusi
Mengorganisasi
Mengurai
Menyeleksi
Mengoreksi
Membangunkan
|
Memonitor
Mengecek
Mengkoordinasikan
Menguji
Membenarkan
Menyalahkan
|
Memunculkan
Menemukan
Menghasilkan karya
Mengingatkan
Mengkombinasikan
MengusulkanHipotesis
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
Membuat
Mengkonstruksi
|
Mendefinisikan
Mengetahui
Mengingat
Mengulangi
Menggarisbawahi
|
Menunjukkan
Menyatakan
Mengidentifikasi
Mengungkapkan
Mengenal
Menyarankan
Meringkas
|
Mengaplikasikan
Mengkonstruksi
Mendemonstrasikan
Mendramatisasi
Mengerjakan
Mencontohkan
Mengilustrasikan
Menginterpretasikan
Mengorganisasi
Memprediksi
Menjadwalkan
Membelanjakan
Mensketsakan
Menterjemahkan
|
Mengapresiasi
Menghitung
Mengkategorikan
Membandingkan
Mengkontraskan
Mengkritisi
Mendebat
Menentukan
Mendiferensiasi
Mencobakan
Memeriksa
Menginventarisir
Menanyakan
Menghubungkan
|
Mengapresiasi
Menaksir
Mengevaluasi
Meranking
Memperbaiki
Menskor
|
Mengkoleksi
Mengkonstruksi
Memformulasikan
Mengelola
Mengorganisasi
Menemutunjukan
Mempersiapkan
Memproduksi
Mengajukan
|
Taksonomi Bloom
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Pengetahuan
|
Kemampuan menyebutkan atau menjelaskan kembali
Contoh: menyatakan kebijakan
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai, menyatakan,
mengidentifikasikan, mengetahui, menyebutkan, membuat rerangka, menggaris
bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih
|
2.
|
Pemahaman
|
Kemampuan memahami instruksi/masalah, menginterpretasikan dan menyatakan
kembali dengan kata-kata sendiri
Contoh : Menuliskan kembali atau merangkum materi pelajaran
|
Menerangkan, menjelaskan , menguraikan, membedakan, menginterpretasikan,
merumuskan, memperkirakan, meramalkan, menggeneralisir, menterjemahkan,
mengubah, memberi contoh, memperluas, menyatakan kembali, menganalogikan,
merangkum
|
3.
|
Penerapan
|
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam menghitung gaji pegawai
|
Menerapkan, mengubah, menghitung, melengkapi, menemukan. membuktikan,
menggunakan, mendemonstrasikan, memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan,
menunjukkan, mengoperasikan, menyiapkan, menyediakan, menghasilkan.
|
4.
|
Analisa
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen untuk memperoleh
pemahaman yang lebih luas atas dampak komponen-komponen terhadap konsep
tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisa penyebab meningkatnya Harga pokok penjualan dalam
laporan keuangan dengan memisahkan komponen- komponennya.
|
Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat skema /diagram, membedakan,
membandingkan, mengkontraskan, memisahkan, membagi, menghubungkan, menunjukan
hubungan antara variabel, memilih, memecah menjadi beberapa bagian,
menyisihkan, mempertentangkan
|
5.
|
Sintesa
|
Kemampuan merangkai atau menyusun kembali komponenkomponen dalam rangka
menciptakan arti/pemahaman/ struktur baru.
Contoh: Menyusun kurikulum dengan mengintegrasikan pendapat dan materi
dari beberapa sumber
|
Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur memodifikasi, mendisain,
mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi, mengarang, menciptakan,
menyusun kembali, menulis kembali, merancang, merangkai, merevisi,
menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan
|
6.
|
Evaluasi
|
Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu berdasarkan norma, acuan atau
kriteria.
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawaban.
|
Mengkaji ulang, membandingkan, menyimpulkan, mengkritik, mengkontraskan,
mempertentangkan menjustifikasi, mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan,
memperhitungkan, menghasilkan, menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi,
menemukan
|
Taksonomi Bloom Revisi
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Mengingat
|
Kemampuan menyebutkan kembali informasi / pengetahuan yang tersimpan dalam
ingatan.
Contoh: menyebutkan arti taksonomi.
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menjelaskan, mengingat, mengenali, menemukan
kembali, menyatakan, mengulang, mengurutkan, menamai, menempatkan,
menyebutkan
|
2.
|
Memahami
|
Kemampuan memahami instruksi dan menegaskan pengertian/makna ide atau konsep
yang telah diajarkan baik dalam bentuk lisan, tertulis, maupun grafik/diagram
Contoh : Merangkum materi yang telah diajarkan dengan kata-kata sendiri
|
Menerangkan, menjelaskan, menterjemahkan, menguraikan, mengartikan, menyatakan
kembali, menafsirkan, menginterpretasikan, mendiskusikan, menyeleksi,
mendeteksi, melaporkan, menduga, mengelompokkan, memberi contoh, merangkum
menganalogikan, mengubah, memperkirakan
|
3.
|
Menerapkan
|
Kemampuan melakukan sesuatu dan mengaplikasikan konsep dalam situasi tertentu.
Contoh: Melakukan proses pembayaran gaji sesuai dengan sistem berlaku.
|
Memilih, menerapkan, melaksanakan, mengubah, menggunakan, mendemonstrasikan,
memodifikasi, menginterpretasikan, menunjukkan, membuktikan, menggambarkan, mengoperasikan,
menjalankan memprogramkan, mempraktekkan, memulai
|
4.
|
Menganalisis
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen dan mnghubungkan satu
sama lain untuk memperoleh pemahaman atas konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisis penyebab meningkatnya Harga pokok penjualan dalam
laporan keuangan dengan memisahkan komponen- komponennya.
|
Mengkaji ulang, membedakan, membandingkan, mengkontraskan, memisahkan,
menghubungkan, menunjukan hubungan antara variabel, memecah menjadi beberapa
bagian, menyisihkan, menduga, mempertimbangkan mempertentangkan, menata
ulang, mencirikan, mengubah struktur, melakukan pengetesan, mengintegrasikan,
mengorganisir, mengkerangkakan.
|
5.
|
Mengevaluasi/ menilai
|
Kemampuan menetapkan derajat sesuatu berdasarkan norma, kriteria atau
patokan tertentu
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawaban
|
Mengkaji ulang, mempertahankan, menyeleksi, mempertahankan, mengevaluasi,
mendukung, menilai, menjustifikasi, mengecek, mengkritik, memprediksi, membenarkan,
menyalahkan
|
6.
|
Mencipta
|
Kemampuan memadukan unsur-unsur menjadi sesuatu bentuk baru yang utuh dan
koheren, atau membuat sesuatu yang orisinil.
Contoh: Membuat kurikulum dengan mengintegrasikan pendapat dan materi
dari beberapa sumber
|
Merakit, merancang, menemukan, menciptakan, memperoleh, mengembangkan,
memformulasikan, membangun, membentuk, melengkapi, membuat, menyempurnakan,
melakukan inovasi, mendisain, menghasilkan karya
|
Makasih ibuu kontennya sangat bermanfaat
BalasHapusKlo itu masih bercampur antara C1-C6nya
BalasHapusLebih bagus lagi dibedakan, misalnya faktual C3 apa apa aja kkonya
g bisa di donlod ya bu?
BalasHapuscontoh "menguraikan(C2)" merupakan KKO dari aspek kognitif.
BalasHapus"Menyajikan" masuk kategori KKO sikap, bagaimana bentuk formatnya?
mohon bantuannya.